Desain Blog Tutorial dan Tips Trik Blogspot

Stone Garden Kab. Bandung Barat “Parade Megalitik yang Menawan”

Terletak dikawasan konservasi arkeologi, persis berada diatas Gua Pawon yang merupakan situs arkeologi yang dilindungi dan dikelilingi oleh eksploitasi besar2an penambangan batu kapur di daerah Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat.

Dinamai Stone Garden mungkin karena seperti taman yang dipenuhi oleh batu-batu yang tersebar (ga jelas juga sih siapa yang pertama ngasih nama Stone Garden)…jadi bukan taman punya Rolling Stone ya…hehehehe


Stone Garden merupakan hamparan parade megalitik yang unik dan menawan dengan hiasan batu-batu yang muncul dan tertata secara alami, dengan penempatan yang unik serta ukuran yang berbeda-beda tersebar di kawasan ini. Terletak diketinggian, di area Stone Garden ini kita bisa melihat panorama yang indah di bawahnya, termasuk jalur tol Purbaleunyi yang menghubungkan Bandung – Jakarta.

dok: mayapuspita.myfotojournal.com
Bisa ditempuh dengan 30 menit dari kota Bandung melewati tol Purbaleunyi (bisa juga 1 jam bila kondisi macet di Padalarang…nah ini yang bikin malesnya :D) keluar tol Padalarang kearah Cianjur. Persis di daerah Tagog Apu dengan jalan yang berkelok-kelok, kita bisa melihat di sebelah kanan sebuah gerbang menuju Gua Pawon, dan disanalah Stone Garden berada.


Dari posisi parkir kendaraan terakhir, untuk menuju stone garden, hanya bisa dicapai dengan perjalanan kaki selama 30-45 menit melewati tanjakan dan medan yang cukup berat…hehehe lumayan hiking kecil-kecil-an lah (padahal teuteup cape), karena hanya ada jalan setapak yang biasa dipakai penduduk untuk pergi berkebun di area Stone Garden. Meski cukup melelahkan, tapi santai aja…pemandangan di sepanjang jalan juga bagus kok…apalagi dengan gunung-gunung batu yang berada disekitarnya…dan dengan panorama indah bila kita telah tiba di Stone Garden. rasanya tanjakan itu layak ditempuh.


Bila kondisi bagus (ataupun mendung) lebih baik sih turun sebelum jam 12 siang, karena di lokasi ini ga ada tempat berteduh, apalagi kalo matahari pas ada di ubun-ubun, dipastikan tempat berteduh 0..kalo masih pagi, paling tidak kita masih bisa berteduh dibalik bayangan batu-batu yang menjulang.

Tempat yang indah ini masih dikelola apa adanya (sebenernya sih pengen bilang nyaris ga dikelola..) lokasi parkiran sih enak, udah di paving block dan ada pendopo yang cukup besar (muat 70 orang-an), tapi jalan dari jalan raya tagog apu-nya ini yang repot…udah jelek, berbatu pula…kalo ujan sih dijamin jalan batunya licin…ati2 aja..


Masih ada lagi, air masih cukup sulit disini, jadi kalo mo ke kamar mandi dan sebagainya, ya musti jalan kaki ke bawah lagi untuk mencapai MCK-nya (karena cuman ada 1 yang ada airnya) kurang lebih sekitar 10 menitan.


Tapi percaya deh, sampe ke Stone Garden apalagi didukung cuaca yang bersahabat dan langit biru..bener-bener berasa ada di lokasi antah berantah, mungkin juga kaya ada di jaman flinstone ataupun jamannya obelix yang terkenal dengan batu menhirnya

sumber

0 Response to "Stone Garden Kab. Bandung Barat “Parade Megalitik yang Menawan”"

Post a Comment