Desain Blog Tutorial dan Tips Trik Blogspot

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Cianjur

Cianjur terkenal memiliki makanan khas yang bernama "tauco", makanan ini biasanya dijadikan oleh-oleh yang paling favorit dan dapat dengan mudah untuk Anda temukan ketika sedang berkunjung ke Cianjur, jangan sampai lupa untuk membeli tauco jika Anda belum pernah mencobanya ketika sedang berjalan-jalan atau berwisata ke Cianjur yang terletak di kawasan selatan jawa barat.

Cianjur juga dikenal dengan pameo ngaos, mamaos dan maenpo. Ngaos merupakan sebuah tradisi mengaji yang menjadi salah satu cermin dari kegiatan keagamaan. Mamaos merupakan sebuah pencerminan dalam kehidupan budaya daerah. Seperti seni mamaos Tembang Sunda Cianjuran berbibit buit berasal dari tatar Cianjur. Sedangkan maenpo merupakan sebuah seni beladiri asli Cianjur tempo dahulu yang sekarang dikenal dengan nama seni bela diri Pencak Silat.

Arah selatan Cianjur berhadapan langsung dengan samudera hindia, disana terdapat pantai yang indah dan masih sangat alami yaitu pantai jayanti. Sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Sukabumi, pada sebelah Utara Cianjur berbatasan dengn dua kabupaten yaitu Purwakarta dan Bogor, dan sebelah timur Cianjur berbatasan dengan Garut dan Bandung.

Obyek wisata di cianjur yang terpopuler adalah Istana Presiden, Tempat wisata ini sering ditempati oleh orang nomor satu di negara Indonesia. Tempat wisata lainnya seperti wisata pantai, Situ, Gunung dan terdapat banyak wisata cianjur yang dapat Anda jadikan pilihan ketika Anda sedang berkunjung ke Cianjur.

ISTANA CIPANAS

Istana Cipanas yang merupakan Istana Kepresidenan, terletak di kaki Gunung Gede, Jawa Barat. Tepatnya lebih kurang 103 km dari Jakarta ke arah Bandung melalui Puncak. Istana ini terletak di Desa Cipanas, kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Luas areal kompleks istana ini lebih kurang 26 hektare, namun sampai saat ini hanya 7.760 m2 yang digunakan untuk bangunan. Selebihnya dipenuhi dengan tanaman dan kebun tanaman hias yang asri, kebun sayur dan tanaman lain yang ditata seperti hutan kecil.

TIRTA JANGARI


Jangari merupakan keramba terapung tempat pemeliharaan ikan air tawar. Lokasinya di Waduk Jangari, Cianjur, Jawa Barat. Waduk ini memang merupakan tempat pembesaran ikan air tawar. Salah satu primadona ikan air tawar yang dipelihara disini adalah ikan mas. Ikan yang dipelihara di waduk ini memiliki kelebihan tersendiri, selain ikannya cepat besar, dagingnya juga tidak berbau lumpur.

PANTAI JAYANTI


Objek wisata Pantai Jayanti terletak di Desa Cidamar, Cidaun, 139 Km dari Kota Cianjur, berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang, ditempuh melalui jalur Cianjur – Sindangbarang – Cidaun. Di Terminal Pasirhayam, Cianjur, ada angkutan umum ke Cidaun (4 jam). Dari Cidaun naik ojek ke Pantai Jayanti (8 km).


SITUS MEGALITIK GUNUNG PADANG


Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.Lokasi dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan WarungKondang, dijalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Luas kompleks "bangunan" kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 mdpl, dan areal situs ini sekitar 3ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

MASJID AGUNG CIANJUR


Mesjid Agung Cianjur yang megah terletak di pusat Kota Cianjur yang dibangun pertama kali tahun 1810 M. oleh penduduk Cianjur yang tidak tercatat namanya. Dibangun di atas tanah wakaf Ny. Raden Bodedar binti Kangjeng Dalem Sabiruddin, Bupati Cianjur ke - 4.

Luas Mesjid semula 400 meter. yang berkembang menjadi 2500 meter dan mengalami beberapa perbaikan sampai terakhir yang sangat besar yang ketujuh kali dari tahun 1993 sampai tahun 2000 atau kurang lebih tujuh tahun dengan biaya sekitar Rp. 10 Miliar. Design dan stylasinya memadukan gaya dan ciri khas mesjid tempo dulu dengan gaya arsitektur modern dan dapat menampung sekitar 4000 jemaah.

PERKEBUNAN TEH GEDEH



Perkebunan teh yang terletak di Desa Sukamulya, Cugenang, Kabupaten Cianjur, ini memiliki lahan yang lebih luas dan lebih tinggi letaknya dibandingkan Gunung Mas. Area kebun tehnya tercatat sekitar 1.000 hektar dengan ketinggian 900 – 1.700 meter di atas permukaan laut, dengan tanaman teh jenis camellia sinensis atau sering disebut dengan teh hitam.

PERKEBUNAN TEH PANYAIRAN


Kebun Panyairan terletak di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Campaka dan Sukanagara dengan Kabupaten Cianjur. jarak dari Panyairan ke Cianjur 35 km, Topografi umumnya bergelombang dengan ketinggian tempat rata-rata 800-1100 dpl, jenis tanah Latosol, temperatur rata-rata 19-30 derajat celcius dengan kelembaban rata-rata 38-80 %, rata-rata curah hujan lima tahun terakhir 2.325 mm. Areal Tanaman Menghasilkan yang dikelola sekarang adalah 1.043,09 Ha.


TAMAN BUNGA NUSANTARA

Wisata Taman Bunga Nusantara adalah tempat wisata bertema taman Bunga yang memiliki luas sekitar 35 ha di Jl. Mariawati Km. 7 Desa Kawung Luwuk, Cipanas, Cianjur, dengan ragam koleksi bunga tropis lokal maupun dari mancanegara, dicapai dengan melewati Puncak Pass, belok kiri ke arah Perumahan Kota Bunga, sejauh 9 km.

CURUG CITAMBUR


Curug Citambur, sebuah air terjun yang ketinggiannya kira-kira 100 meter di Desa Karang Jaya, Kec. Pagelaran, Cianjur Selatan. Airnya sangat dingin dan tak ada yang berani bermandi di air jatuhannya. Dipastikan badan akan terasa sakit sekali bila tertimpa air jatuhan karena volumenya cukup besar, jauh lebih besar dan tinggi dari Curug Cimahi di daerah Cisarua, Kab. Bandung.

Air terjun yang lokasinya selatan Ciwidey, Kab. Bandung, yang jaraknya kira-kira 40 km itu, berpanorama indah. Sekitar curug selalu diliputi kabut tipis dan suara air jatuhannya begitu keras dan sesekali diselingi suara burung kutilang, seakan memperkaya simfoni suara alam kawasan itu.

CURUG CIKONDANG


Curug Cikondang memiliki ketinggian sekitar 50 m dan terletak diantara hamparan kebun teh PTP VIII Panyairan dan terasering sawah yang menghijau. Curug Cikondang ternyata bukan bentukan air mata asli tapi lebih karena tumpahan sungai yang jatuh melalui tebing besar. Ukurannya terbilang sangat besar. Deru air jatuhnya pun sangat indah. Sayangnya keindahan dimensi air terjun tidak dibarengi pengelolaan yang baik.
Terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat.

GUNUNG GEDE



Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkupTaman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 m. dpl, dan berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

KEBUN RAYA CIBODAS


Seandainya masih ada sorga di muka bumi ini, maka Cibodas pastilah merupakan sebagian dari sorga itu. Begitulah gambaran kekaguman seorang ahli fisiologi tumbuhan Dr. F.W. Went tentang keindangan Kebun Raya Cibodas.

Dr. F.W. Went mungkin benar. Karena bila kita datang langsung ke Kebun Raya Cibodas, tak terbayangkan keindahannya. Pepohonan dan tetumbuhan nan hijau terhampar sepanjang mata memandang.

Kebun Raya yang luasnya 80 hektar yang terletak di kaki Gunung Gede-Pangrango ini sudah lama dikenal sebagai obyek wisata yang sangat menarik. Bahkan, ada yang memberikan julukan Taman Firdaus di Asia.

Keindahan Kebun Raya Cibodas didukung oleh koleksi pepohonannya. Di sini tersimpan koleksi ratusan pepohonan baik yang tua maupun pepohonan muda. Tercatat 5.831 contoh tanaman dari 1.206 jenis hidup disini.

Kebun Raya Cibodas yang merupakan pintu gerbang bagi para pendaki gunung yang ingin mendaki Gunung Gede dikunjungi tidak kurang dari 400.000 orang. Beberapa lokasi yang diminati pengunjung antara lain rumah kaca (green house), Jalan Araucaria (auracarua Avenue), Air Terjun Cibodas dan lokasi lanskap beserta kolam air mancur.

Di rumah kaca yang berisi kaktus, Anda bisa melihat anggrek dan tanaman langka yang beraneka ragam. Ada hampir 4.000 contoh tanaman dari 350 jenis kaktus 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini.

Sebagai obyek wisata alam, Kebun Raya Cibodas, akan memanjakan. Anda beserta keluarga dengan keindahan alamnya. Udara sejuk, angin sepoi-sepoi dan kicauan burung akan membawa Anda ke alam khayalan yang tak terbayangkan sebelumnya.

MAKAM DALEM CIKUNDUL

Dari kejauhan nampak di atas sebuah bukit yang sekelilingnya menghijau ditumbuhi pepohonan yang rindang, berdiri sebuah bangunan cukup megah dan kokoh. Bangunan yang sangat artistik dengan nuansa Islam itu, tiada lain makam tempat dimakamkannya Bupati Cianjur Pertama, R. Aria Wira Tanu Bin Aria Wangsa Goparana (1677 - 1691) yang kemudian terkenal dengan nama Dalem Cikundul.

Areal makam yang luasnya sekitar 300 meter itu, berada di atas tanah seluas 4 hektar puncak Bukit Cijagang, Kampung Majalaya, Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur, Jawa Barat atau sekitar 17 Km kearah utara dari pusat kota Cianjur.

Makam Dalem Cikundul, sudah sejak lama dikenal sebagai obyek wisata ziarah. Dalem Cikundul, konon tergolong kepada syuhada sholihin yang ketika masih hidup dan kemudian menjadi dalem dikenal luas sebagai pemeluk agama Islam yang taat dan penyebar agama Islam.

2 Responses to "Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Cianjur"

  1. Artikel yang sangat berguna yang dibahas dalam situs ini ... tentu akan sangat membantu bagi pembaca yang membutuhkan referensi, Salam Kenal..

    Sewa Bus Pariwisata

    ReplyDelete
  2. Dapatkan Info Menarik Seputar Tempat Wisata di Cianjur, Kuliner, Tempat Nongkrong, dll di :
    http://noongkrong.blogspot.co.id/

    ReplyDelete