Desain Blog Tutorial dan Tips Trik Blogspot

9 Tips Untuk Membuat Foto-Fotomu Menjadi Kreasi yang Cantik

Foto bisa diibaratkan sebagai lorong waktu. Saat melihatnya, kita seperti kembali ke masa lalu, melewati kembali kenangan yang telah terekam di situ. Maka dari itu, mengambil foto seperti sudah menjadi kewajiban di setiap kegiatan atau peristiwa yang kita lewati. Dengan adanya foto, kenangan yang tidak bisa diulang itu dapat tersimpan dengan baik.

Sebenarnya cara paling baik untuk menyimpan sebuah foto adalah dengan mencetaknya. Kalau hanya dibiarkan tersimpan dalam kartu memori, foto-foto tersebut bisa terhapus atau hilang. Foto edisi cetak tak hanya bisa disimpan dalam album foto saja, tetapi juga dapat mempercantik dinding rumahmu. Kali ini, Kita punya beberapa tips untuk menyimpan foto dengan cara yang unik. Simak artikel berikut, yuk!

1. Fungsikan Foto Sebagai Kalender Ulang Tahun


Nggak mau ‘kan melewatkan hari penting kerabat dan sahabat dekatmu? Untuk memudahkanmu mengingatnya, cetak saja foto mereka dan susun sesuai dengan tanggal serta bulan lahir. Kamu bisa memanfaatkan kertas karton atau papan tulis sebagai alas dan hias dengan tulisan atau bahkan foto-foto perayaan ulang tahun mereka di tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya kalender foto ini, dijamin deh kamu nggak akan lupa lagi dengan hari spesial mereka.

2. Gantungkan Foto-Fotomu Ala Polaroid


Untuk bisa menghias dinding dengan foto-foto yang digantung, tidak perlu punya kamera dan foto polaroid kok. Kamu bisa tetap membuat gantungan foto-foto yang cantik, walaupun hanya bermodalkan foto yang dicetak biasa saja.

Cetaklah foto-foto yang ada di memori ponsel atau kameramu dalam berbagai ukuran, dari mulai 2R, 3R, hingga 4R. Supaya lebih menarik, jangan hanya cetak foto dalam posisi landscape saja, namun juga portrait. Ini akan memberikan komposisi yang artistik pada saat kamu menggantungkan foto-fotomu nantinya.

Setelah foto-foto dicetak, sediakan tali penghias, penjepit foto, paku, dan palu. Jika tidak ada penjepit foto, kamu bisa menggantinya dengan lem kertas berukuran paling kecil. Selanjutnya, tanamkan paku pada dinding sesuai dengan jumlah baris yang kamu inginkan. Kaitkan tali penghias di sisi kanan dan kirinya, dan lakukan hal yang sama pada setiap baris. Kemudian, susunlah foto-foto yang telah kamu cetak sesuai keinginanmu. Usahakan setiap baris memiliki ukuran dan jenis posisi foto yang berbeda untuk membuatnya lebih cantik.

3. Susun Foto Dalam Berbagai Bentuk


Jika ingin menempel foto pada dinding, jangan tempel sembarangan. Susunlah foto-foto tersebut mengikuti sebuah pola yang telah kamu buat. Kamu bisa membuat pola segitiga, bentuk hati, atau bahkan inisial namamu sendiri.

Gambarlah pola tersebut pada dinding menggunakan pensil. Tidak perlu terlalu tebal, yang penting kamu bisa melihatnya dengan baik. Kemudian, mulailah susun foto-foto tercetak dengan mengikuti pola yang telah kamu buat. Lakukan dengan teliti supaya mendapat bentuk yang cantik.

Untuk membuat kolase ini, usahakan untuk selalu mencetak foto dalam berbagai ukuran dan posisi. Bentuk pola yang kamu buat pasti macam-macam. Jika mencetak foto dalam berbagai ukuran dan posisi, maka kamu akan dengan mudah menyesuaikan letak foto sesuai dengan pola yang ada.

4. Kreasikan Bersama Wall Sticker


Selain menempelkan dalam bentuk kolase, kamu bisa juga mengkreasikan foto-foto tersebut dengan wall sticker. Wall sticker ini sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah karena dijual di manapun, bahkan hingga dijual secara daring. Harganya pun terjangkau, jadi kamu nggak perlu takut kantong akan jebol.

Pilih wall sticker dengan motif pohon atau bingkai foto supaya lebih mudah menghiasnya. Jika memilih yang bermotif pohon, tempelkan foto-fotomu di setiap ujung dan bentuk ranting. Namun jika memilih yang bermotif bingkai, letakkan saja foto-foto tersebut di dalam motif yang telah ada. Tanpa perlu usaha yang banyak, dindingmu telah terhias dengan foto-foto yang cantik, deh.

5. Jadikan Penunjuk Waktu


Bingkai foto dengan bentuk jam memang telah banyak dijual, tetapi harganya pun mahal. Kalau memaksa membelinya, bisa-bisa dompetmu akan kosong secara mendadak. Lagipula, kamu bisa membuatnya sendiri kok!

Pertama, yang pasti kamu harus punya jam dinding di rumah; usahakan yang tidak memiliki angka penunjuk waktu. Kemudian, siapkan 12 foto dengan ukuran serta posisi yang beragam dan beberapa selotip dengan motif yang bervariasi. Letakkan jam dinding di tempat yang telah kamu siapkan, lalu berilah titik-titik di sekitarnya sesuai dengan arah jarum jam 1 hingga 12. Tempel 12 foto tersebut dengan mengelilingi jam dinding, tepat pada titik-titik yang telah dibuat. Hiaslah tepi foto dengan menggunakan selotip bermotif, bedakanlah motif pada setiap fotonya. Selotip bermotif ini memiliki fungsi sebagai pengganti bingkai dan membuat foto-fotomu terlihat lebih cantik juga artistik.

6. Buat Wall of Fame-mu Sendiri


Wall of fame tidak cuma punya artis-artis saja. Kamu sendiri pun bisa punya dan mengisinya dengan foto orang-orang tersayangmu. Caranya, sediakan satu sisi dinding kamarmu yang masih kosong, satu buah kanvas atau karton putih berukuran 40 x 50 cm, dan pastinya foto-foto yang telah kamu cetak dalam ukuran 4R. Cetaklah foto sebanyak mungkin, karena kamu akan memenuhi dinding tersebut dengan kenangan yang ada pada foto-foto tersebut.

Langkah berikutnya, letakkan kanvas atau karton putih tepat di titik tengah dinding tersebut. Kanvas atau karton putih ini akan berfungsi sebagai area tandatangan dari teman-teman yang pernah berkunjung ke kamarmu. Kemudian, kelilingi kanvas tersebut dengan foto-foto yang telah kamu cetak hingga menutup seluruh sisi dinding. Biarkanlah dinding tersebut terisi dengan kenangan-kenangan manis yang ada di hidupmu. Dan setiap kamu melihatnya, akan memberikan senyum manis di bibirmu.

7. Percantik Sudut Kamar Dengan Foto-Foto Favoritmu



Jangan biarkan sudut kamarmu kosong begitu saja. Jika dihias dengan apik, bagian sudut bisa menarik perhatian dan mempercantik kamarmu, lho. Salah satu cara menghiasnya adalah dengan cara menempel foto-foto terbaik yang kamu miliki. Supaya tidak membosankan, buatlah pola yang simetris jika terbagi 2. Kamu bisa menggunakan pola lingkaran, bentuk hati, atau juga inisial namamu.

Gambar pola tersebut di bagian sudut kamarmu. Pastikan pola tersebut akan ‘terpisah’ dengan baik di tengahnya. Setelah selesai menggambar, mulailah susun foto-foto tersebut sesuai dengan pola yang ada. Cetaklah foto dalam berbagai ukuran dan posisi agar kamu lebih mudah menyusunnya.

8. Buatlah Cerita dari Rangkaian Foto


Foto jika ditempel secara acak, memang memiliki nilai artistik tersendiri. Namun jika kamu merangkainya menjadi sebuah cerita, itu akan menjadi hiasan yang luar biasa. Kumpulkan foto-foto dari perjalanan paling berkesanmu dan susunlah dari awal hingga akhir perjalanan. Ambil foto yang paling menarik dan paling mewakili emosimu saat itu. Kamu juga bisa menambahkan 1 atau 2 kalimat di bawahnya untuk memberi deskripsi singkat mengenai foto tersebut.

9. Untuk Kamu yang Suka Traveling, Jadikan Foto Sebagai Jejak Perjalananmu


Kreasi kolase satu ini, cocok untuk kamu yang suka berplesir ke luar kota atau bahkan keliling dunia. Kamu hanya perlu menyediakan foto-foto perjalananmu dan wall sticker bergambar peta dunia — atau bisa juga langsung menggunakan peta dunia. Tandailah negara atau kota-kota yang telah kamu sambangi di peta dunia dengan foto perjalananmu. Tambahkan juga sedikit keterangan waktu dan tempat di mana foto tersebut diambil.

Untuk kamu yang belum pernah berplesir, bukan berarti tidak bisa membuat kolase foto ini. Kamu bisa tetap memanfaatkan ide ini dengan menandai kota atau negara yang ingin kamu kunjungi kelak. Tandailah dengan foto tempat-tempat menarik yang tidak ingin kamu lewatkan untuk didatangi.

Kenangan yang terekam dalam foto jangan hanya disimpan saja. Cetak dan biarkan kenangan tersebut ada di sekelilingmu setiap hari.

0 Response to "9 Tips Untuk Membuat Foto-Fotomu Menjadi Kreasi yang Cantik"

Post a Comment