Desain Blog Tutorial dan Tips Trik Blogspot

Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan Kalo Lagi Berkunjung ke Bandung


Bandung, yang kerap dijuluki Kota Kembang, memang selalu menggoda. Gak cuma sarat dengan destinasi wisata, atmosfer Bandung yang adem juga terasa sangat ‘anak muda’. Mulai dari taman tematiknya, industri fashionnya, sampai jajanan khasnya — ada begitu banyak dari kota ini yang membujuk kita untuk selalu kembali kesana.

Nah, kalau kamu kebetulan lagi mampir ke Bandung, jangan sampai kamu lewatkan hal-hal yang di rekomendasikan di bawah ini. Semoga bisa membuat wisatamu lebih menyenangkan!

1. Berjalan-jalan di taman kota yang tematik.



Sejak Ridwan Kamil alias Kang Emil diangkat menjadi walikota, ruang-ruang publik di kota Bandung disulap menjadi taman-taman tematik yang gak cuma menarik masyarakat Bandung, tapi juga warga luar kota. Ada sejumlah taman tematik yang masing-masing menawarkan keunikan tersendiri. Rencananya, akan terus dibangun taman-taman tematik baru di setiap sudut kota.

A. Taman Pustaka Bunga Kandaga Puspa

Taman Pustaka Bunga via bandungkita.net
Disebut juga Taman Puspa, di sini kamu bisa berbagai jenis bunga, seperti Amaryllus, Kalanchoe, Poinsettia, Bougenville, dan beberapa jenis anggrek langka. Tempatnya yag sejuk dan asri enak banget buat duduk-duduk santai.

B. Taman Jomblo

Taman Jomblo via: fotografius.wordpress.com
Taman ini terdiri dari sejumlah tempat duduk solo yang dicat warna-warni. Sesuai namanya, kamu dilarang pacaran di sini untuk menghormati kaum jomblo merana. (Betewe, kalo cari jodoh di sini boleh gak, Kang?

C. Taman Lansia

Taman Lansia via tataruangpertanahan.com
Meski namanya Taman Lansia, gak berarti cuma kalangan lansia yang boleh kemari. kamu yang muda juga bisa bersantai di taman ini kok.

D. Taman Film

Taman Film Bandung via travelblog.ticktab.com
Mengenai desain, Taman Film ini di desain dengan bentuk seperti amphiteater di banyak negara maju. Tempat duduk dibentuk berkelok dan dijajar dari rendah ke tinggi. Sedangkan untuk bagian alasnya, disediakan rumput sintesis yang sangat nyaman, sehingga bebas nyamuk.

Untuk nantinya, Taman Film ini akan menjadi tempat gratis untuk nonton bareng. Taman yang dibangun dari hasil CSR swasta ini dipastikan menanyangkan berbagai genre film, lokal, Hollywood, Bollywood, Korea, sampai pertandingan bola. Di malam hari, Taman ini semakin terlihat cantik dengan lampu yang menyala. Rencananya, di bagian sisi taman ini akan dipajang foto para insan perfilman Indonesia.Ada juga Taman Skateboard, Taman Musik, dan Taman Fotografi yang biasa dimanfaatkan anak muda untuk mengasah hobinya. Selain taman-taman di atas, masih ada sejumlah taman tematik lainnya. Oh iya, di masing-masing taman ini juga tersedia wi-fi gratis, lho!

2. Keliling Kota Bandung di atap bus Bandros.



Keberadaan Bandros sebagai bus wisata yang bertingkat diawali dengan rencana dari Walikota Bandung Ridwan Kamil ketika dirinya baru terpilih menjadi Walikota pada tahun 2013 lalu untuk meningkatkan sektor pariwisata, yang menjadi salah satu andalan dan penggerak roda ekonomi Kota Bandung. Rencananya, bus itu akan berada di setiap hotel guna mengantar para wisatawan ke tempat-tempat wisata yang ada di kota Bandung dan sekitarnya. Selain mengantar para wisatawan ke tempat-tempat wisata yang ada di Bandung, bus wisata yang dirancang dengan nyaman dan menarik ini diharapkan bisa mengurangi penggunaan mobil pribadi sehingga bisa mengurangi kemacetan yang terjadi di kota Bandung.

Meskipun sudah beroperasi pada pertengahan tahun 2014, tetapi masih ada wisatawan maupun Wargi Bandung yang belum mengetahui cara naik Bandros, mulai dari membeli tiket hingga rute perjalanannya. Untuk memudahkan wisatawan dan Wargi Bandung semua, berikut adalah tata cara naik Bus Bandros:

1. Jam Operasional Bus Bandros
Bus Bandros beroperasi setiap hari sabtu s.d kamis mulai pukul 10.00 – 15.00

2. Harga dan Lokasi Tempat Pembelian Tiket
Untuk sementara ini tiket dapat dibeli di Halte Bus Bandros yang terletak di depan Taman Kandaga Puspa (Belakang Gedung Sate) seharga Rp. 10.000 dan untuk anak-anak di bawah umur 5 tahun tidak dikenakan biaya. Ketika armada Bus Bandros sudah cukup banyak, tiket akan ditukarkan dengan struk belanja dari factory outlet maupun kedai makanan yang sudah bekerja sama dengan DISBUDPAR Kota Bandung.

3. Rute Perjalanan Bus Bandros
Rute perjalanan Bus Bandros ini cukup panjang, dengan durasi 30-45 menit (apabila tidak ada kendala) kita bisa mengelilingi jalan-jalan di Kota Bandung. Rute perjalanan dimulai dari Taman Pustaka Bunga (Halte) – Jl. Supratman – Dipenogoro – Gedung Sate – Sulanjana – Ir. H. Juanda (Dago) – Ganesha – Tamansari – Ir. H. Juanda – Dipenogoro – Cilamaya – Ciliwung dan kembali ke Taman Pustaka Bunga.

4. Fasilitas Bus Bandros
Fasilitas yang tersedia di dalam Bus Bandros yaitu GPS agar wisatawan mengetahui posisinya sedang berada dimana. Selain itu, terdapat pusat data dan informasi Kota Bandung untuk memberikan informasi kepada wisatawan mengenai seluk beluk Kota Bandung.

3. Menonton orkestra angklung di Saung Angklung Udjo.



Saung Angklung Udjo via zeazahrakiley.blogspot.com
Nonton orkestra musik di Saung Angklung Udjo tuh hukumnya wajib buat kamu yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Bandung. Kamu bakal takjub melihat pemusik angklung memainkan lagu-lagu keren dari dalam maupun mancanegara dengan alat musik tradisional ini. Selain menonton, kamu juga bisa bergabung untuk mencoba ikut memainkan musik lho.

Gak cuma orkestra angklung, kamu juga bisa menonton Tari Topeng, Wayang Golek, serta melihat-lihat dapur pembuatan angklung. Tiket untuk dewasa harganya Rp. 60.000, sudah termasuk minum dan souvenir.

4. Meresapi Geliat Kampung Kreatif.

Bandung memang surga buat penggiat kreatif karena mereka sangat difasilitasi oleh pemkot-nya. Kang Emil sendiri menargetkan akan ada 30 kampung kreatif di Bandung. Nah, beberapa di antaranya bisa kamu susuri saat kamu jalan-jalan ke Bandung.

A. Kampung Cicukang
Kampung Cicukang via gaung-bandung.com
Kamu bisa melihat beragam atraksi di kampung yang terletak di pinggir rel kereta api ini. Ada pertunjukan instrumen musik dapur, wayang seng, marawis, tari jaipong, dan pertunjukan teater. Lukisan mural karya anak-anak kampung juga meramaikan suasana kampung ini.

B. Kampung Dago Pojok
Kampung Dago Pojok via fotografius.wordpress.com
Di kampung ini, diperlihatkan berbagai atraksi kesenian tradisional, mulai dari Tari Jaipong, Pencak Silat, Gondang, seni musik Celempung, dan Wayang Golek.

C. Kampung Akustik Cicadas
Kampung Akustik Cicadas via fotografius.wordpress.com
Menyusuri kamupung ini, kamu akan melihat mural di sepanjang dinding. Nama akustik bukan berarti cuma musik lho, sejumlah kesenian tradisional juga bisa kamu lihat di Festival Kampung Akustik.

5. Belanja murah meriah di Cimol Gedebage.



Cimol Gedebage adalah pusat barang fashion bekas di Bandung. Meski bekas, jangan pandang produk-produknya sebelah mata, lho. Di sini, pelanggannya justru kebanyakan orang-orang berduit dari Jakarta. Penjual di sini juga cukup selektif dalam memilih barang dagangannya, jadi gak usah kuatir mutunya jelek. Siapa tahu, kamu justru menemukan harta karun yang kamu cari-cari selama ini di tempat ini.

6. Ada juga pusat Distro yang bisa kamu sambangi.



Gak mau barang bekas? Oke. Bandung masih punya segudang fashion corner yang bisa kamu datangi. Kalo kamu pengen produk distro lokal yang unik dan ciamik, kamu bisa menyusuri Jalan Sultan Agung. Sepanjang jalan, berjajar outlet-outlet distro berbagai brand yang pastinya asik buat belanja atau sekadar cuci mata.

7. Atau, pengen barang bermerk yang harganya agak miring? Factory Outlet jawabannya.



Bandung memang kotanya fashion. Kalo dua tempat di atas belum memenuhi ekspektasimu soal fashion, coba deh mampir ke Jalan R.E. Martadinata. Di sini berderet sejumlah Factory Outlet yang bakal membuatmu berhasrat untuk membelanjakan uangmu. Gak menemukan barang yang oke di outlet yang satu? Mlipir aja ke outlet berikutnya. Harga produknya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan. Cocok banget buat kamu yang shopaholic.

8. Di Bandung, jangan lewatkan sajian kuliner yang memanjakan lidah!

Bandung juga menawarkan sejumlah destinasi wisata kuliner enak yang unik. Yuk intip beberapa di antaranya!

A. Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

Kehidupan Tidak Pernah Berakhir via dinjour.blogspot.com
Ini bukan judul novel, lho. Kehidupan Tidak Pernah Berakhir adalah nama restoran yang menyajikan makanan khusus vegetarian di Bandung. Jadi, jangan harap kamu bisa menemukan daging hewani di sini. Tapi, ada juga beberapa jenis makanan yang rasanya mirip daging, kok. Tempat makan ini bisa kamu temui di Jalan Pajajaran No. 63

B. Rumah Makan Nasi Bancakan

Nasi Bancakan via bandungvillarental.com
Seperti namanya, ‘bancakan’ alias rame-rame, di sini kamu bisa menemukan sejumlah menu khas kampung dalam satu meja besar yang mengingatkan kita pada suasana hajatan Sunda zaman dulu. Alamat Rumah Makan Nasi Bancakan ada di Jalan Trunojoyo 62, Citarum.

C. Nasi Kalong



Disebut nasi kalong karena selain nasinya berwarna gelap, Nasi Kalong juga beroperasi dari jam 7 malam–3 pagi; pas banget buat kamu yang lagi lapar malam-malam. Nasinya berwarna gelap karena dimasak dengan daun salam, cabai, kelapa parut goreng, dan bawang merah. Kamu bisa menemukan Nasi Kalong di Jalan RE Martadinata dan Jalan Riau 102.

9. Menyambangi tempat-tempat nongkrong di Dago Pakar.

Dago Pakar via erzonia.com
Dago Pakar atau Dago atas adalah salah satu tempat nongkrong favorit anak muda Bandung. Selain nongkrong sambil ngopi dan ngemil, di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan lampu kota Bandung di malam hari. Ada beberapa tempat nongkrong yang recommended, antara lain Lisung Cafe, Selasar Sunaryo Art Space, The Valley, dan Stone Cafe.

10. Menikmati Bandung dari ketinggian di Caringin Tilu.

Caringin Tilu via ridwanbejo.wordpress.com
Pengen menikmati kawasan perbukitan yang sejuk di pinggir kota dan menikmati pemandangan city lights Bandung di malam hari? Ada spot yang bagus untuk itu, namanya Caringin Tilu. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian serta hamparan pegunungan yang mengelilingi kota. Pengen viewyang lebih oke? Naik sedikit dari Caringin Tilu, kamu bisa mencapai Bukit Moko. Tapi, hati-hati ya, soalnya medannya sedikit sulit.

11. Mengunjungi floating market di Lembang.



Keluar sedikit dari kota Bandung, tepatnya di daerah Lembang, jangan lewatkan untuk mendatangi Wisata Floating Market alias Pasar Terapung. Di sini, pedagang pasar terapung berjajar rapi di pinggir Danau Situ Umar. Barang yang dijajakan pedagang di sini berupa makanan yang menggugah selera. Tapi, kamu gak bisa membeli begitu saja dengan uangmu lho, kamu perlu menukar koin khusus untuk bisa bertransaksi di sini.

12. Mau menghabiskan waktu asyik dengan keluarga? Ayo main di Kampung Gajah!



Kampung Gajah merupakan Wisata wahana petualangan yang berada diantara Bandung dan Lembang. Wisata ini bisa menjadi alternatif untuk keluarga maupun pasangan. Ada lebih dari 20 wahana yang ditawarkan.

ATTRACTIONS TICKET

Tiket atraksi ini buat yang ingin menikmati wahana dengan eceran (gak paket). Jadi kita pilih2 wahananya aja, gak semua wahana kita kunjungi.

01. Bumperboat :Rp. 40.000,-
02. Child Playground :Rp. 20.000,-
03. Mini ATV :Rp. 20.000,-
04. Mini Buggy :Rp. 30.000,-
05. Side Car :Rp. 40.000,-
06. Buggy Family :Rp. 80.000,-
07. Buggy Futuristic :Rp. 50.000,-
08. Horse Riding :Rp. 20.000,-
09. Delman Royal :Rp. 60.000,-
10. Skyrider :Rp. 40.000,-
11. Formula Kart :Rp. 50.000,-
12. Futuristic Train :Rp. 15.000,-
13. Tubby :Rp. 20.000,-
14. Bodycycle :Rp. 15.000,-
15. Segway :Rp. 100.000,-
16. 4D Rider :Rp. 50.000,-

WATERBOOM

Weekday Rp. 75.000,-
Weekend / Holiday Rp. 100.000,-
Tickets applied for:
1.Wavepool
2.Kiddy Pool
3.Octopus Racer
4.BIG Tornado
5.Motogolf
6.Bungee Trampoline (SOON)
7.Grass Skating (SOON)
8.Sepeda Air (SOON)

TERUSAN TICKET

Nah ini merupakan tiket untuk ke semua wahana kecuali wahana2 tertentu (ada yg bayar lagi)
Weekday Rp. 200.000,-
Weekend / Holiday Rp. 250.000,-
ADMISSION

Ini tiket masuk untuk ke Area Kampung Gajah, bukan tiket ke wahana.

Weekday :
Rp 10.000
Weekend & Public Holiday :
Rp 20.000

Ternyata banyak hal seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Bandung, jadi pengen ke sana, ‘kan? Omong-omong, apa kamu punya rekomendasi tempat asik lainnya? Bagikan ke pembaca lain di komentar, yuk! 


sumber: http://www.hipwee.com

0 Response to "Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan Kalo Lagi Berkunjung ke Bandung"

Post a Comment