Desain Blog Tutorial dan Tips Trik Blogspot

Januari, Bandung Operasikan Command Centre

ilustrasi | dok: wikipedia.org
Pemkot Bandung akan membangun Command Centre mulai Januari 2015. Ruang pengendalian publik tersebut sedang dipersiapkan, termasuk software pendukungnya.

Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Kota Bandung memiliki target menjadi percontohan smart city. Kalau Singapura memiliki 1.600 layanan online, Kota Bandung pada tahun 2015 akan memiliki 150 layanan publik secara online.

"Jadi satu SKPD diminta permasalahan dan dibuat software. Setiap pelayanan publik sudah online. Misalnya ngurus KTP, ngecek perizinan, kemacetan, monitor banjr ada softwarenya," kata Ridwan usai Workshop Operation Room di Hotel Holiday Inn Jalan Ir H Juanda Kota Bandung, Selasa (25/11/2014).

Menurut Ridwan, setiap software tersebut masuk Command Centre. Bandung Command Centre tersebut terbagi dua yakni mempermudah pelayanan ke dalam supaya manajemen mengambil keputusan secara cepat, dan menyempurnakan pelayanan publik ke luar.

"Karena sedang berproses dan ini teknologi, semua orang bisa mengerti. Januari sudah sama teknologi, namanya Bandung 1.0 dan diharapkan akhir 2015 sudah 2.0," ujarnya.

Karena keterbatasan anggaran, lanjut Ridwan, teknologinya dikerjakan secara dicicil. Tetapi secara resmi, tahun 2016 sudah selesai semuanya.

"Kita cicil sepertiganya secara terus menerus. Teknologi 1.0 itu dari seratus persen target yang sempurna, kita cicil terus sepertiganya jumlah software. Pinginnya sih semua," kata 
Ridwan. [ito]

 

1 Response to "Januari, Bandung Operasikan Command Centre"