Desain Blog Tutorial dan Tips Trik Blogspot

Daftar Tempat Wisata di Tasikmalaya

1. PANTAI CIPATUJAH

Pantai Cipatujah, dengan luas 115 ha, merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu untuk ikan-ikan bertelur dan berkembang biak. Pantai ini merupakan pantai terlebar dan terpanjang di kawasan Pantai Selatan, serta menawarkan pasir besi yang sangat baik untuk berjemur dan melakukan aktivitasi rekreasi pantai lainnya. Keindahan Pantai Cipatujah terlihat dari perpaduan hamparan pantai yang landai, gelombang laut yang besar, perkebunan kelapa yang subur, serta hamparan rumput yang luas.


Para peternak kerbau yang tinggal di sekitar daerah pantai kerap menggembalakan kerbaunya di padang ini dan sesekali mengadakan atraksi balap kerbau yang diiringi tabuhan pencak, rampak kendang, ditambah angklung yang banyak mengundang orang untuk menontonnya. Suatu pertunjukan budaya setempat yang tentunya menarik untuk disaksikan. Banyak aktivitas pantai yang biasa dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke daerah ini, seperti berenang, voli pantai, berjemur, serta memancing di muara sungai Cipatujah. Datang dan nikmati keindahan Pantai Cipatujah sekarang juga.

LOKASI: 
Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah Koordinat : 7°44,859'S 108°0,634'E
Arah: kurang lebih 74 km ke arah selatan dari pusat kota Tasikmalaya

Fasilitas: kios wisata, penginapan, pondok wisata, warung-warung makanan dan minuman, panggung hiburan, balawista, gazebo, dan tempat parkir.

2. PANTAI SINDANGKERTA


Merupakan sebuah pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan mempunyai taman laut yang sangat mengesankan serta menjadi sebuah tempat habitat bagi penyu (celonyamidas) yang ingin menetaskan telur-telurnya. Di pantai Anda bisa menyaksikan penangkaran penyu yang fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem penyu yang berada di daerah ini agar tidak sampai punah.

Lokasi : Kecamatan Sindangkerta
Koordinat : 7°46,043'S 108°4,463'E
Arah : Kurang lebih sekitar 4 km dari pantai Cipatujah

3. PANTAI KARANG TAWULAN

Foto milik Kusmanto

Berjarak sekitar 100 km dari kota Tasikmalaya. Sebuah pantai yang berkarang dan landai, mempunyai panorama alam laut yang mempesona. Agak ke timur, ada sebuah pulau kecil yang bernama Nusa Manuk. Pada waktu tertentu, Nusa Manuk dihuni berbagai macam jenis burung.

Lokasi : Kecamatan Cikalong
 
                       4. GUNUNG GALUNGGUNG

Anda akan terpana oleh salah satu keajaiban Gunung Galunggung, yaitu sebuah danau yang berada dalam kawahnya. Uniknya lagi karena danau ini airnya dingin dan tidak tercium bau belerang, hal ini sangat berbeda dengan gunung berapi di Indonesia yang lainnya. Pada waktu cuaca cerah, Anda bisa menyaksikan keajaiban alam lainnya seperti aliran sungai yang turun dari bukit Gunung Galunggung dan akan terlihat seolah-olah seperti air dari langit.



 5. KAMPUNG NAGA

Jika Anda bosan dengan kehidupan kota metropolitan yang dipenuhi oleh gedung-gedung pencakar langit, Anda harus mengambil cuti beberapa hari untuk tinggal di kampung Naga di desa Neglasari, kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.


Kampung Naga merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda. Seperti permukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda di masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Kampung yang memiliki luas 1,5 hektar ini masih sangat terlihat 'hijau' dan sama sekali belum  dipengaruhi oleh modernisasi. Sekitar 311 orang tinggal di desa ini. Lokasi Kampung Naga tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Garut dengan kota Tasikmalaya.


Kampung ini berada di lembah yang subur, dengan batas wilayah, di sebelah Barat Kampung Naga dibatasi oleh hutan keramat karena di dalam hutan tersebut terdapat makam leluhur masyarakat Kampung Naga.  Setibanya di kampung ini, Anda akan melihat ratusan pohon-pohon yang tumbuh tinggi, sawah hijau dan sungai Ciwulang panjang. Selain itu, Anda akan menghirup udara sejuk dan suara gemericik air sungai di kejauhan.

6. CURUG DENGDENG


Memiliki keindahan tiga tingkat air terjun. Yang pertama ketinggiannya 13 m, yang kedua 11 m, dan yang ketiga sekitar 9 m, dari tingkat pertama Anda bisa melihat aliran Sungai Cikembang. Tantanglah diri Anda sendiri untuk menuju Curug Dengdeng yang membutuhkan perjalanan cukup melelahkan karena hanya dapat berjalan kaki untuk melewati kondisi yang masih sangat alami melalui hutan jati.

Lokasi:
Desa Cikawung Gading, Kampung Caringin, Kecamatan Cipatujah
Koordinat : 7°44,814'S 108°6,111'E 

7. SITU GEDE 

Obyek Wisata Situ Gede merupakan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kota Tasikmalaya. Situ Gede juga berada di Wilayah Sungai Citanduy yang terletak di DAS Citanduy. Situ Gede memiliki luas genangan 47 Ha dengan kedalaman mencapai 3 meter. Di Situ Gede terdapat nusa seluas satu hektar tempat dimakamkannya Eyang Prabudilaya, seorang tokoh agama Islam dari Tasikmalaya. Untuk mencapai lokasi tersebut, pengunjung bisa menggunakan perahu yang disewakan. Selain berkeliling memakai perahu, bagi yang suka berolahraga bisa menikmati joging track.


Selain difungsikan sebagai tempat obyek wisata, Situ Gede juga berfungsi sebagai suplay irigasi (5 intake) dan suplay air ke kecamatan Mangkubumi.

Tempat Wisata Religi di Tasikmalaya

1. Makam dan Gua Pamijahan

Lokasi : Kampung Pamijahan, Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong
Arah : Untuk sampai ke lokasi dapat dijangkau dari jalan raya bisa hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki menuju makam sekitar 500 m, sedangkan menuju goa sekitar 2 km.

2. Masjid Manonjaya
 


Lokasi : Kampung Kaum, Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya
Koordinat : 7°21'4.4298''S 108°18'25.8152''E

3. Makam Baganjing

Lokasi : Kompleks makam terletak di utara jalan desa dan di sebelah selatan aliran Sungai Ciwulan Kampung Panembong
Koordinat : 07º27'06’’ S, 108º11'45’’ E

4. Makam Tanjung Malaya

Lokasi:  Kampung Sukasirna
Koordinat : 07º21’19’’ S, 108º18’08’’ E

Tempat Wisata Gua, Situs dan Bersejarah di Tasikmalaya

1. Goa Malawang - Lokasi : Kampung Wangunwati, Desa Sukawangun, Kecamatan Karangnunggal Koordinat : 7036’64” S, 108012’43,5” E
2. Gua Wadon - Lokasi : Kampung Jompong, Desa Mertajaya.
3. Gua Anteg - Lokasi : Blok Gunung Kutu, Kampung Sukapura, Dusun Anteg Hilir, Desa Malatisuka Kecamatan Gunung Tanjung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
4. Gua Ranggawulung - Lokasi : Kampung Samawa, Dusun Nagaracina, Desa Setiawaras, Kecamatan Cibalong
5. Gua Cupu Agung - Lokasi : Kampung Cupu Agung, Dusun Cikebi, Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
6. Situs Geger Hanjuang - Lokasi : Bukit Geger Hanjuang, Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari
7. Situs Gua Malawang (Gorin & Batu Masigit) - Lokasi : Kampung Nagrak, Desa Sukawangun.
8. Situs Kabuyutan Linggawangi - Lokasi : Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari
9. Situs Bumi Rongsok - Lokasi : Dusun Demunglandung, Desa Papayan Kecamatan Jatiwaras, sekitar 20 km dari pusat kota Tasikmalaya, pada 269,7m, Kordinat : S.07º 27. 869’, E 108º  12. 376’
10. Situs Joglo dan Gua Sarongge (Seikh Zaenudin) - Lokasi : Desa Bantarkalong, Kecamatan Cipatujah.
11. Situs Kabuyutan Nagaratengah - Lokasi : Sekitar 25 km  dari pusat kota Tasikmalaya tepatnya di Desa Nagaratengah dan sekitarnya.
12. Situs Sodonghilir ( Syeikh Tubagus Anggariji ) - Lokasi : Desa Cikalong, Kecamatan Sodonghilir.
13. Situs Walahir - Lokasi : Desa Linggawangi, kecamatan leuwisari
14. Situs Kaputihan - Lokasi : Desa Purwahayu, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya.
15. Situs Sukamanah (KH. Zaenal Mutofa) - Lokasi : Desa Cimerah Kecamatan Singaparna, jarak sekitar 15 Km dari pusat kota Tasikmalaya

16. Situs Tapak Sartika - Lokasi : Kampung Ciampanan, Desa Cineam, Kecamatan Cineam, berjarak sekitar 23 km dari pusat kota Tasikmalaya.

Wisata Seni, Budaya, Sejarah dan Lain-lainnya di Tasikmalaya

1. Balap Kerbau di Pantai Cipatujah
2. Pesta Nelayan di Pantai Pamayangsari
3. Batik Tasikmalaya
4. Badeng
5. Merak
6. Upacara Hajat Sasih Kampung Naga
7. Celempungan
8. Calung Tarawangsa
9. Selacau Parung Ponteng
10. Perkebunan Teh Sumbawa
11. Sanghyang Kab. Tasikmalaya
12. Museum Sukapura Kabupaten Tasikmalaya

Pusat perbelanjaan Modern dan hiburan di Tasikmalaya

  1. Guardian, Mayasari & Asia Plaza
  2. Ramayana Robinson mall Tasikmalaya
  3. Sports Station, Mayasari Plaza Tasikmalaya
  4. d'Cost, Mayasari Plaza Tasikmalaya
  5. Solaria, Asia Plaza Tasikmalaya
  6. Pizza Hut, Asia Plaza Tasikmalaya
  7. ACE Hardware & Informa, Asia Plaza Tasikmalaya
  8. Bioskop 21, Tasikmalaya
  9. Gramedia, Tasikmalaya
  10. Toko Buku Kaharisma Tasikmalaya
  11. Asia Plaza
  12. Mayasari Plaza
  13. Yogya Tasik HZ
  14. Yogya Mitra Batik
  15. Asia departement store 1
  16. Asia departement store 2
  17. Borobudur departement store
  18. Matahari Departement store
  19. Agung Departement store HZ
  20. Samudra Toserba
  21. Giant hypermarket Mayasari
  22. Cahaya Departement Store
  23. Tasik Indah Plaza



Objek Wisata Gunung Galunggung terletak di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Sekitar 20 km dari Tasikmalaya. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, sebaiknya tururn di Terminal Bus Tasikmalayadan melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota jurusan Terminal-Galunggung-Singaparna dengan ongkos sekitar Rp 5000,-per orang atau menyewa jasa ojek maupun pick up. Jika belum dinaikkan oleh pihak pengelola, harga tiket masuk di kawasan Objek Wisata Gunung Galunggung ini sekitar Rp 3000,- per orang. - See more at: http://wizid.blogspot.com/2013/12/objek-wisata-gunung-galunggung-tasikmalaya.html#sthash.ntYzijQ5.dpuf

0 Response to "Daftar Tempat Wisata di Tasikmalaya"

Post a Comment