Desain Blog Tutorial dan Tips Trik Blogspot

Liburan Seru di Taman Bunga Nusantara Cipanas

Berekreasi di taman bunga dengan udara sejuk tentu hal yang menyenangkan, apalagi jika taman tersebut seluas 35 hektar. Daerah luas dengan hamparan tanaman hijau, bunga-bunga cantik yang tertata rapi, dan bebas polusi. Itulah gambaran dari tempat rekreasi Taman Bunga Nusantara di Puncak. Beralamat di Jl. Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, taman ini menyajikan berbagai jenis bunga baik bunga lokal maupun yang berasal dari luar negeri.


Harga tiket untuk masuk ke Taman Bunga Nusantara, yang telah berdiri pada tahun 1995 adalah sebesar Rp 15.000,- per orang sedangkan biaya tiket parkir hanya Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Anda dapat melihat sebuah taman yang sangat luas sejauh mata memandang. Di depan pintu masuk, Anda bisa mengabadikan suasana dengan berfoto bersama teman atau keluarga patung burung merak. Burung merak ini sangat unik karena disusun dari berbagai tanaman dan bunga. Selain burung merak, ada juga yang disusun menyerupai kelinci, panda, dan binatang lainnya.

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan taman display bunga pertama di Indonesia. Taman ini dilengkapi dengan berbagai koleksi tanaman berbunga yang terkenal dan unik dari seluruh dunia. Dengan beratus varietas tanaman berbunga di taman, Taman Bunga Nusantara benar – benar menjadi tempat dimana bunga – bunga dari seluruh dunia tumbuh. Kami menampilkan areal yang sangat luas bagi pertumbuhan bunga – bunga dari Amerika Selatan, Australia, Afrika serta Asia. Kami memiliki lahan display bedding plant seluas 50.000 m2.



Ibu Dani Bustanil Arifin , pemakarsa sekaligus Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara, beserta anggota lainnya mulai merintis pembangunan taman ini pada tahun 1992, dan secara intensif pelaksanaan pembangunan tahap awal taman dimulai sejak tahun 1993. Tujuan utama pembangunan taman ini bagi Yayasan Bunga Nusantara adalah menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset wisata berbasis wisata agro nasional dengan skala internasional.


FASILITAS

1.   Taman Air
2.   Taman Mawar

3.   Taman Perancis

4.   Taman Rahasia (Labirynth)

5.   Taman Bali

6.   Taman Mediterania

7.   Taman  Palem

8.   Terakhir Taman Gaya Jepang

9.   Rumah Kaca

10. Danau Angsa
11. Rafflesia Mini Theater
12. Alam Imajinasi
13. Lokasi piknik
14. Amphitheater (Panggung Terapung)
15. Kereta Datto
16. Mobil Wara-Wiri
17. Menara Pandang
18. Poliklinik
19. Nany’s Galleria

Rute Jalan ke Taman Bunga Menggunakan kendaraan pribadi


Peta Lokasi Taman Bunga Nusantara
Dari Bandung ke Taman Bunga Nusantara
Bandung menuju Gerbang Tol Pasteur - masuk Tol Purbaleunyi (Cipularang) - Keluar di Padalarang - melewati Rajamandala lalu Ciranjang - masuk Cianjur - Cugenang - Cipanas - Sampai di lokasi Taman Bunga Nusantara.


Dari Cawang ke Taman Bunga Nusantara
Cawang - melalui Mayjend. Sutoyo- masuk Tol Jagorawi - keluar di Gandok Puncak - Cisarua - Puncak- Cipanas - sampai di Taman Bunga Nusantara.


Dari Grogol ke Taman Bunga Nusantara
Grogol - S. Parman - masuk gerbang Tol Dalam Kota - Tol Dalam Kota - Interchange Cawang - lalu ke Tol Jagorawi - keluar di Gandok Puncak - Cisarua - Puncak Cipanas - Taman Bunga Nusantara.
Dari Monas ke Taman Bunga Nusantara

Dari Monas ke Taman Bunga Nusantara
Medan Merdeka Barat - MH. Thamrin - Bundaran HI - Jenderal Sudirman - Semanggi - Gatot Subroto - Tol Dalam Kota - Interchange Cawang - masuk Tol Jagorawi- keluar di Gandok Puncak - Raya Cisarua - Cisarua - Puncak - Cipanas - lokasi Taman Bunga Nusantara.
 

Transportasi / Angkutan umum ke Taman Bunga Nusantara
 

Dari Jakarta Melalu Bandara
Dari Bandara Sukarno - Hatta dan Bandara Halim Perdanakusumah menggunakan Damri jurusan Bogor lalu minta turun di Terminal Baranangsiang Bogor. Dilanjutkan dengan naik elf Jurusan Bogor - Cianjur lalu turun di Pasar Cipanas. Dari Cipanas diteruskan dengan naik angkot jurusan Cipanas - 

Mariwati dan turunlah di Taman Bunga Nusantara.

Dari Jakarta Melalui Stasiun
Dari Stasiun Jatinegara, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tanah Abang. Naik KRL jurusan Bogor turun di Stasiun Bogor. keluar Stasiun dilanjutkan naik angkot hijau 03 jurusan Bubulak - Baranangsiang turun di Terminal Baranangsiang Bogor. Dilanjutkan naik elf jurusan Bogor - Cianjur dan mintalah untuk turun di Pasar Cipanas. Dari situ di lanjutkan naik angkot Cipanas - Mariwati yang akan mengantarkan kita ke lokasi Taman Bunga Nusantara.
 

Dari Jakarta melalui Terminal Bus
  • Dari Terminal Kalideres naik bis jurusan Kalideres - Sukabumi turun di perempatan Tol Jagorawi - Ciawi. Dari sana dilanjutkan dengan naik elf Bogor - Cianjur mintalah untuk turun di Pasar Cipanas. Dari Cipanas lalu naik angkot jurusan Cipanas - Mariwati lalu turun di lokasi Taman Bunga Nusantara.
  • Dari Terminal Kampung Rambutan. Menggunakan bis Kampung Rambutan - Cianjur (Marita, Parung Indah) nanti turun di Pasar Cipanas. Selanjutnya naik angkot Cipanas - Mariwati dan turun di lokasi Taman Bunga.
  • Dari Terminal Lebak Bulus naik bus jurusan Lebak Bulus - Sukabumi (Parung Indah) turun di perempatan Tol Jagorawi-Ciawi. Lanjut dengan naik elf Bogor-Cianjur / bis Jakarta-Puncak-Bandung atau jurusan Garut dan Tasik lalu minta di turunkan di Pasar Cipanas. Lalu naik angkot Cipanas - Mariwati sampai di Taman Bunga Nusantara.
Dari Bandung ke Taman Bunga Nusantara
Melalu Terminal Leuwipanjang, naik bus jurusan Bogor/Kampung Rambutan/Merak yang via Puncak ya jangan samapai salah. Nanti turun di Pasar Cipanas. Lalu naik angkot Cipanas - Mariwati turun di Taman Bunga Nusantara.


Dari Bekasi ke Taman Bunga Nusantara
Dari Terminal Bekasi naik bus jurusan Bekasi - Sukabumi, lalu turun di perempatan Tol Jagorawi - Ciawi. Dari sana dilanjutkan naik elf Bogor - Cianjur atau bus Jakarta - Puncak - Bandung dan minta turun di Pasar Cipanas. Dilanjutkan naik angkot Cipanas - Mariwati yang melewati Taman Bunga Nusantara.


Dari Depok ke Taman Bunga Nusantara
Naik bus jurusan Depok - Sukabumi turun di perempatan Ciawi - Tol Jagorawi naik elf Bogor - Cianjur atau bus jurusan Jakarta - Puncak - Bandung atau bisa juga yang ke Garut dan Tasik, lalu minta turun di Pasar Cipanas. Diteruskan naik angkot Cipanas - Mariwati dan turun tepat di Taman Bunga Nusantara.


Pembangunan taman ini sudah dilakukan sejak tahun 1992 silam dengan tujuan utamanya ialah untuk menciptakan taman yang menjadi aset nusantara dan berskala internasional. Taman ini banyak dikunjungi oleh masyarakat dari pelbagai latar terutama mereka yang memang memiliki kepedulian tinggi untuk melestarikan tanaman-tanaman. Pun taman bunga ini menjadi area yang menarik dikunjungi oleh para pelukis, fotografer atau sinematografer yang biasanya menjadikan taman ini sebagai studio terbuka karena begitu berdekatannya dengan alam sekitar.
Sampai saat ini Taman Bunga Nusantara ini telah dikunjungi oleh lebih dari 5.900.403 orang dari tahun 1995 sampai tahun lalu. Dominasi wisatawan yang berkunjung kesini mayoritas berasal dari dalam negeri (96%), Timur Tengah sebanyak 2%, kawasan Aisa 1% dan juga dari kawasan Amerika dan Eropa 1%. Sebagai kelengkapan promosi Taman Buah Nusantara ini pihak pengelola telah menyiapkan brosur berkenaan dengan taman ini dalam lima bahasa yakni Indonesia, Mandarin, Inggris, Jepang dan Arab.


Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara terbaru

Tiket Masuk (usia 4 tahun ke atas) : Rp 30.000,-
Tiket Dotto Trains Rp 40.000,-
Tiket Garden Tram Rp 40.000,-
Parkir Motor : Rp 5.000,-
Parkir Mobil : Rp 10.000,-
Parkir Minibus : Rp 15.000,-
Parkir Bus : Rp 20.000,-
Tiket Wira Wiri Rp 5.000,-
Tiket Rumah Kaca Rp 2.000,-
Peta Maze Garden Rp 1.000,


* Untuk rombongan siswa sekolah ataupun umum mendapatkan diskon khusu, dengan menghubngi nomor kontak resmi yang tercantum di bawah.

Info Kontak

Nomor Telepon Resmi Taman Bunga Nusantara : 0263 581 617 / 0263 581 618
e-mail: tamanbunganusantara@yahoo.co.id
bersumber dari : situs resmi Taman Bunga Nusantara
http://www.tamanbunga-nusantara.com

0 Response to "Liburan Seru di Taman Bunga Nusantara Cipanas"

Post a Comment