Desain Blog Tutorial dan Tips Trik Blogspot

Wow, Di Flomart Lembang Ada Miniatur Stasiun Kereta Api Terbesar Indonesia!

foto: www.tempo.co 
Sekarang tak perlu lagi terbang jauh-jauh ke kota Hamburg, Jerman untuk melihat miniatur kereta api Wunderland.

Kini di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) awal November lalu telah dibuka wahana baru terkait moda transportasi kereta api. Kompleks miniatur kereta api pertama ini sekaligus terbesar di Indonesia.

Lokasi wahana miniatur kereta api ini berada di tempat wisata Floating Market. Berada di lahan seluas 2.000 m2 dengan panjang rel mencapai 400-500 m, pengunjung dapat menikmati dengan puas keindahan miniatur sepur di Tanah Air.

foto: www.tempo.co  
Frans Kustiawan Sukarja mengatakan, wahana miniatur kereta api outdoor ini merupakan pertama dan terbesar di Nusantara. Biasanya, pria yang dipercaya untuk mengelola wahana tersebut mengaku selama ini miniatur itu dibangun di dalam ruangan oleh komunitas pencinta kereta api.

Diorama berskala 1:24 yang dibangun itu layaknya perjalanan dari Bandung menuju Jakarta. Tak hanya rel tunggal, rangkaian gerbong itu berjalan di jalur ganda. Untuk itu, pengelola menyiapkan lebih dari 40 percabangan yang seluruhnya diatur secara elektronik.

Untuk perancangan miniatur tersebut, Grans Kustiawan Sukarja dan timnya membutuhkan waktu satu tahun.


foto: www.tempo.co  
“Secara konsep, miniatur ini menceritakan kondisi perkeretaapian di wilayah KBB, tepatnya di Padalarang. Di situ ada jembatan yang melintasi dua bukit. Spot itu indah untuk visualisasi selain terowongan dan persimpangan rel,” kata pria berkacamata itu.

Mengenai mesin lokomotif dan rangkaian gerbong, Frans menuturkan itu masih diimpor. Namun, beberapa pekerjaan menyangkut rute dan tampilan itu dibuat dan dimodifikasi di bengkel yang tak jauh dari kompleks wahana.

Dengan sistem pengoperasian remote control, setiap lokomotif itu tampak seperti berjalan sendiri. Itu dimungkinkan karena setiap rangkaian gerbong itu secara individual memasok energi listrik berdaya 24 volt. Makanya, pengunjung dilarang bersentuhan langsung dengan 10 miniatur kereta api dan relnya.

foto: www.tempo.co 
“Selain sebagai tempat hiburan, ide untuk membangun miniatur ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang moda transportasi massal kereta api,” ucapnya.

Public Relations Floating Market Intania Setiati mengaku, wahana anyar ini merupakan terobosan baru untuk menjaring lebih banyak dan memanjakan pengunjung. Kini, untuk menikmati kompleks miniatur ini hanya di akhir pekan saja.

“Sementara ini, wahana miniatur kereta api dibuka pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu,” ujarnya.

foto: www.tempo.co 
Fungsi edukasi wahana itu diakui Erna Kaputri (35). Wisatawan asal Kabupaten Karawang itu mengaku anak-anaknya tampak senang melihat ‘mainan’ tersebut.

“Ini sangat bagus untuk anak-anak. Selain main, mereka bisa belajar langsung mengenai pengoperasian kereta api. Ini pengalaman nyata,” ujarnya yang saat itu membawa rombongan dari Kota Pangkal Perjuangan tersebut. (rey)


0 Response to "Wow, Di Flomart Lembang Ada Miniatur Stasiun Kereta Api Terbesar Indonesia!"

Post a Comment