Desain Blog Tutorial dan Tips Trik Blogspot

Jabar Pelihara Angklung sebagai Warisan Budaya

Foto via musikangklung.wordpress.com
Kepala seksi Sarana dan Prasarana Dinas Pariwisata dan Budaya Aja Sondari mengatakan angklung sebagai salah satu warisan budaya. Pemanfaatan angklung sebagai sarana atau media ritual upacara adat masyarakat menjadi titik awal ditemukannya berbagai kandungan nilai kearifan lokal dalam permainan angklung.


"Angklung itu bukan hanya milik Jawa Barat tapi Indonesia. Disparbud dengan perda nomor 6 tentang pemeliharaan kesenian yang harus kami perhatikan tak hanya angklung, ada kesenian lain yang harus diperhatikan seperti pasanggriri musik dan teater," ujar Aja saat jumpa wartawan "Pasanggiri Angklung Jawa Barat 2014" di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Jalan Dr Setiabudi, Kota Bandung, Sabtu (15/11/14).

Kegiatan "Pasanggiri Angklung Jawa Barat 2014" diikuti oleh 12 peserta. Mereka berasal dari SMPN 1 Kabupaten, Karawang Barat, SMPN 1 Kabupaten Subang, SMPN 2 Cileunyi Kabupaten Bandung, serta SMPN 2 Ngamprah Kabupaten Bandung Barat.

Kemudian SMKN 1 Kedawung Kabupaten Cirebon, SMAN 1 Kabupaten Indramayu, SMAN 2 Kota Tasikmalaya, SMAN 1 Singaparna Kabupaten tasikmalaya, SMKN 2 Kabupaten Purwakarta, SMAN 1 Pasawahan Kabupaten Purwakarta, SMAN 1 Lembang kabupaten Bandung Barat dan SMA Muhammadiyah kabupaten Cianjur.

Pasanggiri Angklung Jawa Barat 2014 diharapkan mampu menghidupkan gairah berkesenian pada siswa dan siswi setingkat SMP, SMA dan SMK di Jawa Barat.

Sam menjelaskan, kegiatan itu ingin menjadikan angklung sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kebudayaan bangsa.

Selain itu juga diharapkan bisa membangun kebudayaan angklung dalam berbagai kepentingan, konservasi dan preservasi bumbu, pendidikan karakter bangsa, dan pelestarian dan pengembangan seni budaya.

"Di Bandung rata rata ada festival hampir setiap minggunya. Namun yang sekarang lebih luas. Kami juga dari tim angklung sekarang hampir seluruhnya ada di dunia pendidikan. Di sekolah rata-rata sudah ada angklung. Sehingga ini perlu disalurkan dan diapresiasikan," terang dia.

Kegiatan "Pasanggiri Angklung Jawa Barat 2014" juga menyambut peringatan angklung pada 16 November besok yang dideklarasikan oleh Unesco sebagai warisan budaya asli Indonesia. [ito]

0 Response to "Jabar Pelihara Angklung sebagai Warisan Budaya"

Post a Comment