Desain Blog Tutorial dan Tips Trik Blogspot

Menteri Basuki Targetkan Waduk Jatigede Bisa Diisi Air Desember 2014

sumber foto: kaskus.co.id 
Proyek waduk ke-2 terbesar di Indonesia, Waduk Jatigede, tak kunjung rampung karena masalah pembebasan lahan. Meski begitu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menargetkan waduk ini bisa diairi pada Desember 2014.

Saat ini, Basuki mengatakan, waduk tersebut masih terkendala pembayaran kompensasi untuk 11.000 kepala keluarga (KK) yang kembali menduduki lahan Waduk Jatigede. Pemerintah tengah menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menurunkan Peraturan Presiden dalam rangka membayar kompensasi bagi warga.

"Jadi masih ada 11.000 KK yang belum clear diberikan kompensasi jaminan hidupnya. Itu yang membuat jaminan Perpres-nya. Menurut hitungan BPKP, ada Rp 600 miliar lebih," ungkap Basuki di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (20/11/2014).

sumber foto: kaskus.co.id 
Tidak hanya kompensasi untuk belasan ribu KK yang duduki lahan, pembangunan Waduk Jatigede harus menyelesaikan pembebasan lahan hutan. Saat ini ada sekitar 800.000 pohon yang berada di lahan waduk tersebut.

Namun Basuki menyebutkan, secara prinsip Kementerian Kehutanan sudah sepakat soal pembebasan lahan ini. Oleh karena itu, dia menargetkan persoalan-persoalan yang menghambat pembangunan Waduk Jatigede bisa segera selesai.

Bahkan Basuki menargetkan waduk dengan nilai investasi US$ 467 juta atau setara Rp 4,6 triliun itu bisa diairi akhir tahun ini. "Desember mudah-mudahan bisa," tutur Basuki.

1 Response to "Menteri Basuki Targetkan Waduk Jatigede Bisa Diisi Air Desember 2014"

  1. Katanya waduk jatigede beresiko amblas yah gan?
    Kalo memang benar.. Kenapa pemerintah masih bersikeras untuk bangun?

    Mampir ke web ane gan..
    Bantu kami untuk menjadikan indonesia lebih hijau. Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang kami : www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete